Haumeni Journal of Education
Vol 3 No 2 (2023): Edisi Desember 2023

Analisis miskonsepsi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rote Barat Daya pada materi eksponen ditinjau dari tingkat kemampuan siswa dan alternatif solusi dengan konflik kognitif

Fanggi, Inike (Unknown)
Samo, Damianus D. (Unknown)
Udil, Patrisius A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis miskonsepsi yang dialami siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rote Barat Daya pada materi eksponen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskirptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX B SMP Negeri 1 Rote Barat Daya yang berjumlah 16 orang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari peneliti itu sendiri, tes soal dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi yang dialami oleh siswa ditinjau dari tingkat kemampuan dan alternatif solusi dengan konflik kognitif diperoleh a) siswa dengan tingkat kemampuan tinggi masuk dalam kriteria miskonsepsi rendah, b) siswa dengan tingkat kemampuan sedang masuk dalam kriteria miskonsepsi sedang, c) siswa dengan tingkat kemampuan rendah masuk dalam kriteria miskonsepsi tinggi. Faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Solusi dengan konflik kognitif yang diterapkan pada: a) siswa berkemampuan tinggi dapat membantu mengatasi miskonsepsi, b) siswa berkemampuan dapat membantu mengatasi miskonsepsi, c) siswa berkemampuan rendah miskonsepsinya tidak teratasi secara optimal. Kata Kunci : miskonsepsi, tingkat kemampuan, konflik kognitif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...