Haumeni Journal of Education
Vol 3 No 2 (2023): Edisi Desember 2023

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Kupang Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar

Paokuma, Yusron Ahsani (Unknown)
Samo, Damianus D. (Unknown)
Udil, Patrisius A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis pada materi statistika ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskirptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 20 Kota Kupang yang berjumlah 22 orang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari angket, tes soal dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan (a) Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar tinggi memenuhi ke lima indikator dari kemampuan penalaran matematis. (b) Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar sedang, hanya mampu mengerjakan dua soal dari ke empat soal yang diberikan dan dari dua soal yang dikerjakan peserta didik tidak mampu memenuhi ke lima indikator dari kemampuan penalaran matematis. (c) Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar rendah, hanya mampu mengerjakan satu soal dari ke empat soal yang diberikan dan dari satu soal yang dikerjakan peserta didik hanya mampu memenuhi indikator pertama yaitu memberikan pernyataan matematika. Kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari kemandirian belajar diperoleh hasil; a) peserta didik yang memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan penalaran matematis kategori tinggi, b) peserta didik yang memiliki tingkat kemandirian belajar sedang dan rendah memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis kategori rendah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...