Haumeni Journal of Education
Vol 3 No 2 (2023): Edisi Desember 2023

Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

Arba, Hastuti Milinadya Nuhardi (Unknown)
Dominikus, Wara Sabon (Unknown)
Udil, Patrisius A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada budaya tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor, mendeskripsikan konsep matematika yang terkait serta menyusun perangkat pembelajaran untuk konsep matematika yang ditemukan pada budaya tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data menurut Miles dan Huberman. Peneliti sebagai instrumen utama mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika pada budaya tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor meliputi aktivitas menghitung, mengukur, merancang, melokalisir, permainan dan menjelaskan. Dari aktivitas-aktivitas tersebut, maka dapat diidentifikasikan konsep-konsep matematika di dalamnya. Konsep matematika pada budaya tarian Cakalele meliputi konsep perkalian, pola bilangan genap, barisan aritmatika, pengukuran, dan geometri. Dengan demikian, konsep-konsep matematika sekolah dalam budaya tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor ini dapat dikembangkan dengan merancang perangkat pembelajaran yang bersesuaian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...