Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis dan minat belajar peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4D. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta denga subjek penelitian berjumlah 3 kelas yaitu 1 kelas uji coba terbatas dan 2 kelas uji coba lapangan. Kelayakan E-LKPD divalidasi oleh oleh dosen pendidikan fisika sebagai ahli dan guru fisika SMA sebagai praktisi. Penelitian ini menghasilkan: 1) media pembelajaran E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan kemampuan analisis peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,36; 3) peningkatan minat belajar peserta didik dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,66.
Copyrights © 2024