Penelitian dilatarbelakangi rendahnya kinerja guru diduga karena profesionalisme yang masih rendah dan kepemimpinan yang kurang kuat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : a) manajemen kepemimpinan kepala sekolah; b) kendala yang dihadapi kepala sekolah; c). strategi manajemen kepemimpinan kepala sekolah ke depan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan alat pengumpul data utama wawancara mendalam, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif interpretatif melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : a) Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru melalui strategi formal dan non-formal; b) Kendala yang dihadapi kepala sekolah; guru kurang menguasai penggunaan IT, minat mengembangkan diri yang rendah, dan kurang kreatif dalam mengembangkan pembelajaran; c) Pengembangan ke depan disarankan untuk melaksanakan in house training, pendidikan dan pelatihan, workshop, dan mendorong guru agar aktif dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kesimpulan, manajemen kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan profesionalisme guru yang berdampak pada peningkatan kinerja guru.
Copyrights © 2021