Journals of Economics and Business
Vol 3, No 2 (2023): Volume 3, No 2, 2023

SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW THE IMPACT OF LIVE STREAMING ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS

Marvinita, Risda - (Unknown)
Febrian, Angga (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Live streaming telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam konteks e-commerce dan belanja online. Sehingga diperlukan review terhadap paper jurnal yang membahas tentang pengaruh live streaming dalam keputusan pembelian konsumen khususnya di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap paper jurnal yang publish pada tahun 2020 hingga tahun 2022. Adapun Research Question yang ditetapkan pada penelitian ini sebanyak tiga dengan hasil akhir bahwa pada penelitian objek yang paling banyak diteliti selain Shopee adalah Tiktok dan Instagram, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dengan jumlah responden mayoritas berkisar 100 orang, serta faktor yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen adalah kualitas produk dan kepercayaan. Secara keseluruhan, ulasan literatur yang sistematis menunjukkan bahwa live streaming memiliki dampak positif yang signifikan pada keputusan pembelian konsumen dalam konteks e-commerce dan belanja online. Kehadiran visual dalam belanja streaming membantu konsumen merasa nyata dan membuat keputusan pembelian lebih mudah serta memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan penjualan untuk bisnis. Kata Kunci: Live streaming, Keputusan Pembelian, Systematic Literature Review, Pemasaran Digital, E-commerce

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEB

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journals of Economics and Business (JEB) is a scientific journal published by the Faculty of Economy and Business, Universitas Teknokrat Indonesia (P-ISSN: 2962-6498, E-ISSN : 2962-6420). The scopes of this journal include the following topic areas : 1. Financial Management ( Financial Technology, ...