Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Mei

Peran Guru Dalam Mewujudkan Sikap Sosial Siswa di Sekolah Dasar

Lessnusa, Ariantjie (Unknown)
Ritiauw, Samuel Patra (Unknown)
Rusfadir, Sintje Adriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran guru dalam pembentukan sikap sosial siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri 7 Ambon. Tujuan utamanya adalah memahami bagaimana guru berkontribusi terhadap perkembangan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan lima guru mata pelajaran, diantaranya Matematika, IPA, IPS, Pendidikan Jasmani, dan Seni Budaya, serta wali kelas II. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif oleh Mathew B. Miles dan A. Michael Huberman. Temuan menunjukkan bahwa guru di sekolah tersebut memandang sikap sosial sebagai komponen penting dalam pengembangan karakter siswa. Guru menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan sikap sosial positif melalui berbagai metode, seperti memberikan contoh perilaku positif, mengadakan proyek yang menarik, memberikan penguatan positif, dan menunjukkan empati. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru dalam membentuk sikap sosial melalui pendekatan holistik, yang menekankan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif untuk perkembangan karakter secara menyeluruh. Temuan ini mendukung pentingnya pendidikan karakter untuk membentuk individu yang bertanggung jawab, berempati, dan mampu berkolaborasi dalam masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lucerna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran didirikan untuk memberi cahaya penerang bagi kemajuan ilmu, terutama di bidang pendidikan dan pengajaran. Naskah-naskah yang layak diterima dan bisa diproses secara blind review lebih pada penelitian lapangan dan bisa juga dalam library research. ...