Jurnal Riset Manajemen Indonesia
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen Indonesia (JRMI)

KUALITAS PELAYANAN RESEPSIONIS DALAM MENANGANI TAMU CHECK IN DI HOTEL

Apip, Nancy Durotun Nasihah (Unknown)
Zaputra, Satia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Kualitas Pelayanan Resepsionis Dalam Menangani Tamu Check In Di Hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan resepsionois dalam menangani tamu check in di hotel Four Points by Sheraton Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian didapatkan Kualitas Pelayanan yang dilihat dari pelaksanaan SOP dalam menangani tamu menyatakan bahwa delapan puluh sembilan persen Standar Operational Prosedur telah dijalankan dengan baik, dan sebelas persen tidak terlaksana, Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan receptionist dalam menangani tamu telah baik dengan persentase 90%. Kualitas Pelayanan yang dilihat dari hasil Guest Comment yang diberikan tamu menyatakan bahwa sebesar 50% dari tamu menyatakan pelayanan receptionist dengan baik, sedangkan 24% menyatakan sangat baik dan cukup baik,untuk sisanya sebesar 2% menyatakan kurang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan receptionist dikatagorikan baik dengan jumlah persentase yang dominan sebesar 50%. Sehingga disarankan Adanya jam padat atau terjadinya tamu check in secara bersamaan terutama di hari Sabtu sore, dimana tingkat occupancy rata-rata hampir seratus persen, maka sangat diperlukan tambahan personnel untuk bagian receptionist, sehingga tidak terjadi pelayanan receptionist yang tidak maksimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrmi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The scope of the journal is: Economic; Management; Accounting INDONESIAN MANAGEMENT RESEARCH JOURNAL (JRMI) receives rigorous research articles that have not been offered for publication elsewhere. INDONESIAN MANAGEMENT RESEARCH JOURNAL (JRMI) on the research related to accounting and business that ...