Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kemanggisan 10 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu guru kelas I, II, IV dan V. Hasil penelitian menujukan bahwa pada dimensi pemahaman beberapa guru sudah memahami Kurikulum Merdeka dan beberapa lainya belum terlalu memahami Kurikulum Merdeka, persentase kesiapan berada pada kategori 80% siap. Pada dimensi kesehatan, keseluruhan guru sudah memenuhi indikator persiapan fisik, mental dan persiapan emosional dengan persentase kesiapan berada pada kategori 100% siap. Pada dimensi perencanaan pembelajaran, beberapa guru sudah memenuhi indikator persiapan perencaaan pembelajaran dengan persentase kesiapan berada pada kategori 85% siap. Pada dimensi pelaksanaan pembelajaran, keseluruhan guru sudah memenuhi indikator persiapan pelaksanaan pembelajaran dengan persentase kesiapan berada pada kategori 100% siap. Pada dimensi penilaian pembelajaran, keseluruhan guru sudah memenuhi indikator persiapan penilaian pembelajaran dengan persentase kesiapan berada pada kategori 100% siap. Hasil temuan tersebut menunjukan bahwa kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kemanggisan 10 berada pada kategori siap, namun belum secara keseluruhan siap
Copyrights © 2024