Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal bahwa di peserta didik di SMA Kristen Tumbang Samba berasal dari latar belakang yang berbeda. Menurut guru tersebut mata pelajaran agama mereka hanya diajarkan oleh guru agama Kristen dan guru agama Islam. Namun masih terdapat peserta didik yang beragama lain dari kedua agama tersebut. Hal ini yang dapat atau lambat laun akan memicu terjadinya konflik. Jika terjadi benturan semakin membuat sekolah kondisinya menjadi melemah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kompetensi sosial guru PAK yang berwawasan multikultural di SMA Kristen Tumbang Samba. Metode penelitian kualitatif ini untuk melihat subjek penelitian yaitu perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa yang berlokasi di di Sekolah Menengah Atas Kristen (SMA Kristen) Tumbang Samba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial mengalami kebermaknaan ketika berjumpa dengan upacara ucapan syukur, budaya (Sanggar Seni Kariak Antang, tari dan Pramuka) dan kehidupan di SMA Kristen Tumbang Samba, Kalimantan Tengah.
Copyrights © 2024