Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik
Vol. 4 No. 1 (2024)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIINTEGRASIKAN DENGAN MODEL STAD DALAM MENCIPTAKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA BIDANG VOKASI LANSIA DI SMKN 2 MALANG

Rismawati, Rismawati (Unknown)
Supriyono, Supriyono (Unknown)
Andarwati, Andarwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat penerapan metode PBL diintegrasikan dengan model STAD untuk menciptakan keterampilan sosial siswa vokasi lansia di SMK N 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus serta menggunakan model Kemmis & Mc Taggrt. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI PS 1 Bidang Keahlian Pekerjaan Sosial vokasi lansia SMK N 2 Malang sejumlah 33 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I keterampilan sosial siswa masih dikategori cukup baik, namun pada siklus II setelah penerapan metode PBL diintegrasikan dengan model STAD, keterampilan sosial siswa menjadi lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ft

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik menerbitkan naskah terkait Teknik Sipil, Teknologi Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Pendidikan Kejuruan. Fokus dan lingkup jurnal meliputi Teknik Sipil, Teknologi Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Pendidikan ...