Puskesmas sebagai sarana pusat kesehatan masyarakat yang menyediakan berbagai pelayanan kesehatan, perlu memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan sebab kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan dan kepercayaan pasien. Semua itu bisa tercapai jika pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak instansi berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan di Puskesmas Sewon 1 Bantul, serta untuk mengetahui kepuasan dan kepercayaan pasien akan layanan kefarmasian di Puskesmas Sewon 1 Bantul.Metode Penelitian ini menggunakan deskriftif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, responden yang diambil sebanyak 110 responden dari Puskesmas Sewon 1 Bantul. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis uji korelasi Spearman rho. Hasil Penelitian yang diperoleh ialah 77.3% pasien merasa puas akan kualitas pelayanan yang diperolehnya dan sebanyak 11.8% pasien yang menaruh kepercayaan nya terhadap kualitas layanan di Puskesmas Sewon 1 Bantul. Kesimpulan Terdapat korelasi yang sangat lemah antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji spearman rho diperoleh koefisien (r2) 0.184 dan korelasi yang moderat atau sedang antara kualitas pelayanan terhadap kepercayaan hal ini dilihat dari nilai uji spearman rho diperoleh koefisien (r) 0.634
Copyrights © 2023