Indonesian Journal of Hospital Administration
VOL 6, NO 1 (2023)

Pengaruh Kualitas Standar Pelayanan Minimum Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pemberian Informasi Obat Kepada Pasien di Puskesmas Sewon 1 Bantul

Rambe, Hira Astuti (Program Studi Sarjana Farmasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata,Yogyakarta)
Fatimah, Fatma Siti (Program Studi Sarjana Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata, Yogyakarta)
Dwinta, Eliza (Program Studi Sarjana Farmasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata,Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Puskesmas sebagai sarana pusat kesehatan masyarakat yang menyediakan berbagai  pelayanan kesehatan, perlu memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan  sebab kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan dan kepercayaan pasien. Semua itu bisa tercapai jika pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak instansi berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan di Puskesmas Sewon 1 Bantul, serta untuk mengetahui kepuasan dan kepercayaan pasien akan layanan kefarmasian di Puskesmas Sewon 1 Bantul.Metode Penelitian   ini menggunakan deskriftif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, responden yang diambil sebanyak 110 responden dari Puskesmas Sewon 1 Bantul. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis uji korelasi Spearman rho. Hasil Penelitian yang diperoleh ialah 77.3% pasien merasa puas akan kualitas pelayanan yang diperolehnya dan sebanyak 11.8% pasien yang menaruh kepercayaan nya terhadap kualitas layanan di Puskesmas Sewon 1 Bantul. Kesimpulan Terdapat korelasi yang sangat lemah antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji spearman rho diperoleh koefisien (r2) 0.184 dan korelasi yang moderat atau sedang antara kualitas pelayanan terhadap kepercayaan hal ini dilihat dari nilai uji spearman rho diperoleh koefisien (r) 0.634

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJHAA

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Indonesian Journal of Hospital Administration (IJHAA) is the journal which will publish scientific article about research in health and hospital management. The focus of this journal is in Occupational Health and safety, Financial Management, Health Regulation and Policy, Human Resources Management, ...