Waktu tunggu merupakan masalah yang selalu menimbulkan keluhan pasien di beberapa rumah sakit, seringkali masalah waktu menunggu pelayanan ini kurang mendapatkan perhatian oleh pihak manajemen rumah sakit. Waktu tunggu menjadi salah satu standar minimal pelayanan rawat jalan di rumah sakit, dengan standar yang ditetapkan kementerian kesehatan yaitu < 60 menit mulai dari pasien mendaftar sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan rawat jalan terhadap kepuasan pasien di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Penelitian ini merupakan penelititan kuantitatif analitik. Pengambilan data menggunakan kuisioner dengan analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai p value = 0,041 (p<0,05), yang berarti ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan rawat jalan terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini berpengaruh positif sebagai bahan evaluasi rumah sakit untuk melakukan perbaikan dalam pelayanan terkait waktu tunggu pelayanan. Peneliti menyarankan kepada pihak instalasi rawat jalan RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen sebaiknya melakukan perbaikan pelayanan dalam hal waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan meminimalisir keterlambatan dokter.
Copyrights © 2024