JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN
Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Kajian Teknik Mesin

Analisa Pengaruh Variasi Nilai Air Fuel Ratio (AFR) Terhadap Prestasi Mesin

Ramadhan, Muhammad Fikri (Unknown)
., Aripin (Unknown)
Noubnome, Viktor (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

AbstrakSistem suplai bahan bakar adalah cara untuk membawa bahan bakar ke ruang bakar, bisaberupa sistem bensin, diesel, atau bahan bakar lainnya.Untuk menciptakan pembakaran yangsempurna pada motor berbahan bakar bensin dimulai pada saat terjadinya loncatan bunga apipada spark plug atau busi kemudian membakar campuran bahan bakar dengan udara dalamkondisi campuran paling ideal yang telah diatur oleh ECU kemudian dikabutkan melalui throttlebody ke dalam ruang bakar sehingga dengan komposisi percampuran yang paling ideal akanmenghasilkan pembakaran yang sempurna. Pada saat pembakaran sempurna terjadi maka akansangat berpengaruh terhadap performa mesin yang semakin maksimal. Metode yang digunakanuntuk melakukan penelitian ini adalah metode eksperimental dengan pengujian daya dan torsi. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan sebagaiberikut :Dengan penggantian variasi nilai AFR menjadi 13,5 : 1 daya maksimum mengalamipeningkatan sebesar 3,2 % dari ECU standar dan daya tersebut didapatkan pada putaran mesinyang sedikit lebih tinggi yaitu 8150 rpm yang sebelumnya didapatkan pada putaran mesin 8040rpm pada ECU standar.Dengan penggantian variasi nilai AFR menjadi 13,5 : 1 torsi maksimummengalami peningkatan sebesar 2,2% dari ECU standar dan torsi tersebut didapatkan padaputaran mesin lebih rendah yaitu 7920 rpm yang sebelumnya didapatkan pada putaran mesin8040 rpm pada ECU standar.Dengan merubah nilai AFR dapat meningkatkan daya dan torsisepeda motor. Kata kunci: bahan bakar, nilai AFR, ECU

Copyrights © 2023