Penjualan produk merupakan kegiatan kunci dalam sebuah bisnis yang melibatkan proses pemasaran, promosi, dan transaksi untuk memasarkan barang atau jasa kepada konsumen. Pendekatan penjualan produk meliputi strategi penentuan harga, distribusi, serta upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. Keberhasilan penjualan produk sangat ditentukan oleh pemahaman mendalam terhadap pasar, segmentasi, target pasar dan positioning dalam merancang produk agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen, serta kualitas produk yang ditawarkan. Seiring dengan itu, upaya pengembangan hubungan jangka panjang dengan pelanggan juga menjadi fokus utama dalam menjaga keberlanjutan bisnis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peranan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Penjualan Pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode kualitatif. Kunci informasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Bintang Keramik Gunungsitoli telah melakukan strategi pemasaran sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan dan peningkatan penjualan. Strategi pemasaran yang diterapkan adalah segmentasi pasar yaitu pemetaan target pasar, targeting yaitu menentukan siapa saja yang menjadi target pasar dan positioning yaitu perusahaan menyediakan produk yang dapat menarik konsumen atau pelanggan agar konsumen atau pelanggan memiliki kesan tertarik pada produk yang dipasarkan dan dijual. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi konsumen atau pelanggan membuat penjualan produk pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli semakin meningkat. Tidak hanya itu, konsumen atau pelanggan juga semakin bertambah sehingga target penjualan yang diharapkan tercapai.
Copyrights © 2024