Penelitian ini dilakukan karena adanya rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an oleh sebab itu diperlukan adanya Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV di sds it sulthoniyah sambas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas tentang: 1) Pelaksanaan strategi Guru PAI dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di sds it sulthoniyah sambas. 2) Hasil dari pelaksanaan membaca Al-Qur’an di sds it sulthoniyah sambas pada siswa kelas IV di sds it sulthoniyah sambas pada tahun 2022/2023. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di sds it sulthoniyah sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pelaksanaan strategi Guru PAI dalam meningkatkan membaca al-Qur’an di Sds it Sulthoniyah Sambas adalah Guru PAI menggunakan strategi yang bervariasi yaitu (1) Strategi Pengulangan, (2) Strategi lingkaran, (3) Strategi kegiaatan Keagamaan diluar jam pelajaran. Hasil dari pelaksanaan membaca Al-qur’an di SDS IT Sulthoniyah Sambas yaitu meningkatnya peserta didik dalam membaca Al-Qur’an selain itu dari segi pemahaman banyak ditemukan peserta didik yang sudah memahami hukum-hukum bacaan Al-Qur’an seperti hukum panjang pendek dan tanda baca lainnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran di SDS IT Sulthoniyah Sambas yaitu diantaranya; Pertama faktor pendukung seperti hubungan yang harmonis guru PAI dengan orang tua anak, pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat; Kedua faktor penghambat seperti manajemen waktu, faktor kurangnya daya serap anak dalam memahami materi yang seperti hukum panjang pendek dan tanda baca lainnya.
Copyrights © 2024