Tujuan penelitian ini adala untuk menjelaskan tentang: 1). Apa saja peran guru fiqih dalam meningktkan kedisiplinan melaksanakan shalat wajib pada siswa kelas VIII MTs Yasti Simpang Empat tahun pelajaran 2022-2023. 2). Apa saja pendekatan yang digunakan guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan melaksanakan shalat wajib pada siswa kelas VIII MTs Yasti Simpang Empat tahun pelajaran 2022-2023. 3). Bagaimana implikasi dari peran guru fiqih dalam meningkatkan kedisplinan melaksanakan shalat wajib pada kelas VIII MTs Yasti Simpang Empat tahun pelajaran 2022-2023. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran yang dilakukan guru fiqih dalam meningkatkan kedisplinan melaksanakan shalat wajib pada siswa kelas VIII MTs Yasti Simpang Empat tahun pelajaran 2022-2023. Yaitu; a). Peran sebagai pendidik; b). Peran sebagai tauladan; c). Peran sebagai pengajar; d). Peran sebagai penasehat; e). Peran sebagai pembimbing. 2) Pendekatanyang digunakan guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan melaksanakan shalat wajib pada siswa kelas VIII MTs Yasti Simpang Empat tahun pelajaran 2022-2023. Yaitu: a). Pendekatan rasional; b). Pendekatan pembiasaan; c). Pendekatan fungsional; d). Pendekatan keteladanan. 3) Implikasi dari peran guru fiqih terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat wajib pada siswa kelas VIII MTs Yasti Simpang Empat tahun pelajaran 2022-2023. Yaitu: a) Tepat waktu dalam melaksanakan shalat wajib di sekolah. b) Termotivasi untuk lebih disiplin dalam melaksanakan shalat wajib di sekolah. c). Tertib artinya terarah dalam melaksanakan shalat wajib di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024