Jurnal Family Education
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Family Education

Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar Santri Di Mdta Uswatun Hasanah Kota Padang

Jelita, Jaleswari Putri (Unknown)
Sunarti, Vevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Abstract Latar belakang dari penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah Kota Padang. Hal ini diduga karena kurangnya dukungan sosial dari sesama santri (teman sebaya). Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk: (1) untuk mengetahui bagaimana santri di MDTA Uswatun Hasanah memberikan dukungan sosial. (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah Kota Padang. (3) Untuk mengatahui apakah antara dukungan sosial teman sebaya dengan hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah memiliki hubungan. Penelitian ini berjenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Seluruh santri di MDTA Uswatun Hasanah Kota Padang yang telah bergabung di MDTA selama 6 bulan,serta memiliki hasil belajar semester 1 tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 23 orang menjadi populasi pada penelitian ini. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik total sampling yaitu keseluruhan dari populasi sebanyak 23 orang santri. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dukungan sosial teman sebaya santri di MDTA Uswatun Hasanah tergolong rendah, (2) Hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah tergolong rendah, (3) Adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah. Saran dalam penelitian yaitu pentingnya dukungan sosial teman sebaya dalam meningkatkan hasil belajar santri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jfe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Family Education is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Negeri Padang . ISSN: 2808-9669 (Electronic)This journal publish (February, May, Agust, November). The main focuses of this journal are the Administration of Education, Guidance and Counseling, ...