Peningkatan efisiensi energi merupakan salah satu tantangan utama dalam pengembangan kendaraan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan desain aerodinamis bodi mobil listrik Kalimasada tipe urban konsep. Metode yang digunakan dalam analisis numerik dengan simulasi CFD untuk memprediksi karakteristik aerodinamika serta mengamati fenomena aliran yang terjadi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa desain bodi mobil Kalimasada saat ini memiliki potensi untuk ditingkatkan dari segi aerodinamis, dimana pada nilai koefisien gaya hambat dan gaya angkat mengalami penurunan seiring meningkatnya kecepatan aliran fluida. Perbandingan dari hasil simulasi yang terjadi dengan kecepatan yang sama antara desain bodi mobil Kalimasada, Antawirya, dan Nogogeni. Nilai koefisien gaya hambat pada desain bodi mobil Kalimasada dengan desain bodi mobil Antawirya menghasilkan nilai persentase perbandingan sebesar 18,6% sedangkan nilai koefisien gaya hambat pada desain bodi mobil Kalimasada dengan Nogogeni menghasilkan nilai persentase sebesar 38%. Oleh karena itu pada analisis lebih lanjut diharapkan melakukan modifikasi pada desain mobil, sehingga dapat diharapkan meningkatkan efisiensi aerodinamis pada kendaraan.
Copyrights © 2024