MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman
Vol 15, No 1 (2024)

PENERAPAN METODE IN HOUSE TRAINGING GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GURU MI DARUL HIKAM

Supono, Supono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode In House Training dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada guru MI Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus.Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penilitian ini mengguanakan observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi guru MI Darul Hikam Kalirejo sudah mengalami peningkatan, masuk dalam kriteria cukup. Sehingga kriteria tersebut belum mampu memberikan hasil yang signifikan. Sehingga peneliti menghasilkan bahwa sudah memahami dengan baik tentang penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh dengan baik. Hal tersebut nampak dari kesiapan para guru untuk mempersiapkan dokumen tentang penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh. Dari hasil kegiatan In house training 2  dapat simpulkan bahwa pada dasarnya kompetensi guru dalam penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh telah memenuhi kriteria keberhasilan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAGISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar ...