Al Jahiz: Journal of Biology Education Research
Vol 3 No 2 (2022): Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, July-December 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung

Solehah, Kuni Maratus (Unknown)
Carolina, Hifni Septina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Sekampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan rubrik kreativitas siswa dan soal pretes-postes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Sekampung. Hal ini terbukti dari hasil analisis data dari rumus uji-t dengan t hitung sebesar 10,40. Kemudian thitung dibandingkan dengan t tabel yaitu 10,40 > 2,064 (t hitung >t tabel).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al-Jahiz

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. Receives and publishes scientific articles from research in the field of biology education and the use of biological research in learning. Special emphasis is as follows: (1) Research on Biology / Science Learning at all levels of education. (2) Pure ...