Abstrak Kemampuan peserta didik perlu terus ditingkatkan untuk mengembangkan keterampilan berfikir dan mampu bersaing. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melatih peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan matematika pada tingkat HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi statistika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 10 mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan Semester IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Dan analisis data dengan melihat kesesuaian jawaban subjek dengan indikator ketercapaian soal dengan kemampuan HOTS. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahapeserta didik PGMI dalam menyelesaikan soal HOTS materi statistika masih rendah. Hal ini dilihat dari kemampuan mahapeserta didik yang belum mampu memenuhi indikator butir soal yang sudah ditentukan, dimana 40% dapat mencapai dua indikator, 40 % hanya mencapai satu indikator, dan 20% tidak mencapai indikator yang telah ditentukan. Mahasiswa masih kesulitan menyelesaikan soal dan permasalahan yang disajikan. Kata Kunci: Kemampuan; HOTS; Statistika
Copyrights © 2023