Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk bahasa persuasif Ekspedisi Indonesia Biru pada kanal Watchdoc Image, teknik persuasif Ekspedisi Indonesia Biru pada kanal Watchdoc Image, dan relevansi bentuk bahasa dan teknik persuasif Ekspedisi Indonesia Biru pada kanal Watchdoc Image terhadap pembelajaran teks persuasif di SMP. Subjek pada penelitian ini adalah video Ekspedisi Indonesia Biru pada kanal Watchdoc Image. Objek pada penelitian ini adalah bahasa persuasif pada Ekspedisi Indonesia Biru. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ekspedisi Indonesia Biru menggunakan empat macam bentuk bahasa persuasif yang terdiri atas bentuk bahasa persuasif berupa ajakan sebanyak 4 kutipan, bentuk bahasa persuasif berupa anjuran atau saran sebanyak 13 kutipan, bentuk bahasa persuasif berupa perintah sebanyak 3 kutipan, dan bentuk bahasa persuasif berupa penegasan sebanyak 5 kutipan, Ekspedisi Indonesia Biru menggunakan tiga macam teknik persuasif yang terdiri atas teknik persuasif asosiasi sebanyak 6 kutipan, teknik persuasif ganjaran sebanyak 2 kutipan, dan teknik persuasif tataan sebanyak 2 kutipan; dan Ekspedisi Indonesia Biru memiliki relevansi terhadap pembelajaran teks persuasif pada jenjang SMP.
Copyrights © 2024