Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis gaya bahasa dalam kumpulan Cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita, mendeskripsikan relevansi kumpulan Cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita sebagai pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori, gaya bahasa, cerpen dan relevansi pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka yaitu dengan membaca keseluruhan teks kumpulan cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita karya Joko Pinurbo. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data menggunakan perangkat bantu yaitu kartu data yang digunakan untuk mengelompokkan gaya bahasa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari 15 cerpen yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat 76 data yang ditemukan dalam kumpulan cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita karya Joko Pirnubo diperoleh tiga data jenis gaya bahasa yaitu gaya bahasa perbandingan 43 data, pertentangan 25 data dan perulangan 8 data. Hasil penelitian ini memiliki relevansi dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA yaitu pada kelas XI dengan TPĀ 1 Mencari inspirasi untuk puisi dari karya sastra prosa, yakni cerpen, berdiskusi mengenai tema dan pesan yang merupakan dua dari empat struktur batin puisi, berdiskusi mengenai inspirasi untuk menggubah puisi dengan mentransformasikan cerpen melalui tema dan pesan yang terkandung di dalamnya. TP 2 Membaca sebuah puisi untuk memahami unsur-unsur puisi dan mengenal puisi yang ditulis berdasarkan cerpen.
Copyrights © 2024