Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 14 No. 1 (2024)

ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN CERPEN TAK ADA ASU DI ANTARA KITA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA : ANALYSIS OF LANGUAGE STYLE IN THE SHORT STORY COLLECTION TAK ADA ASU DI ANTARA KITA AND ITS RELEVANCE TO INDONESIAN LANGUAGE LEARNING

Maulana, Ibnu (Unknown)
Dewantara, I Putu Mas (Unknown)
Indriani, Made Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis gaya bahasa dalam kumpulan Cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita, mendeskripsikan relevansi kumpulan Cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita sebagai pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori, gaya bahasa, cerpen dan relevansi pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka yaitu dengan membaca keseluruhan teks kumpulan cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita karya Joko Pinurbo. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data menggunakan perangkat bantu yaitu kartu data yang digunakan untuk mengelompokkan gaya bahasa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari 15 cerpen yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat 76 data yang ditemukan dalam kumpulan cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita karya Joko Pirnubo diperoleh tiga data jenis gaya bahasa yaitu gaya bahasa perbandingan 43 data, pertentangan 25 data dan perulangan 8 data. Hasil penelitian ini memiliki relevansi dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA yaitu pada kelas XI dengan TPĀ  1 Mencari inspirasi untuk puisi dari karya sastra prosa, yakni cerpen, berdiskusi mengenai tema dan pesan yang merupakan dua dari empat struktur batin puisi, berdiskusi mengenai inspirasi untuk menggubah puisi dengan mentransformasikan cerpen melalui tema dan pesan yang terkandung di dalamnya. TP 2 Membaca sebuah puisi untuk memahami unsur-unsur puisi dan mengenal puisi yang ditulis berdasarkan cerpen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...