Tata surya merupakan salah satu materi pelajaran siswa kelas 6 sekolah dasar (SD). Menurut pengalaman belajar siswa kelas 6 SD, seringkali siswa tersebut masih kurang mengerti pelajaran tata surya dengan baik. Analisis dilakukan melalui pengamatan materi tata surya untuk siswa kelas 6 SD, wawancara dengan guru SD kelas 6, dan analisis perbandingan media. Berdasarkan analisis tersebut akan ditemukan kebutuhan sistem dalam pembuatanmedia pembelajaran tata surya untuk siswa kelas 6 SD. Pada bagian desain, terdapat desain tampilan halaman, desain interface flow diagram, dan desain quiz. Tahapan berikutnya adalah implementasi dari hasil desain yang sudah dirancang sebelumnya. Uji coba dan evaluasi dilakukan untuk menguji media pembelajaran yang dibuat apakah sudah berfungsi dan berjalan dengan baik. Uji coba dilakukan dengan cara melakukan verifikasi dari setiap halaman yang telah dibuat, agar berjalan sesuai dengan fungsinya. Validasi dilakukan terhadap siswa kelas 6 SD,dan juga wawancara dengan guru SD kelas 6. Kesimpulan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah pembuatan media pembelajaran berhasil dibuat, dan dapat digunakan bagi pembelajaran siswa kelas 6 SD. Media pembelajaran serupa bisa dikembangkan untuk materi SMP dan SMA, dan pembuatan media pembelajaran ini diharapkan bisa diakses secara online.
Copyrights © 2016