Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Martati, Badruli (Unknown)
Arif, Achmad Zainuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Kurikulum Merdeka 2022 menetapkan Modul Ajar sebagai perangkat pembelajaran yang harus disusun oleh guru. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media konkrit. Pelaksanaan evaluasi berdasarkan tiga kriteria: pengetahuan, keterampilan dan sikap. Lembar kerja peserta didik yang dibuat menarik sebagai petunjuk kegiatan belajar baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan untuk memberikan deskripsi efektivitas pembelajaran dengan matapelajaran IPAS di kelas 4 SD Muhammadiyah 7 Surabaya. Temuan penelitian menunjukkan peserta didik dapat mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan, menjelaskan fungsi tumbuhan dengan benar dan percaya diri, serta mampu mengaitkan bagian tubuh dengan kebutuhan tumbuhan untuk mempertahankan diri dan berkembang bika. Mampu menunjukkan sikap religious, tumbuh semangat nasionalisme, mampu bekerja sama dalam kelompok. Peserta didik juga berkesan dan senang dengan kegiatan pembelajaran tersebut. Hendaknya guru tidak enggan untuk menyusun perangkat pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar merupakan sistem jurnal terbuka yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo sejak tahun 2017. Journal of Basication (JOB): Jurnal ...