Kurikulum Merdeka 2022 menetapkan Modul Ajar sebagai perangkat pembelajaran yang harus disusun oleh guru. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media konkrit. Pelaksanaan evaluasi berdasarkan tiga kriteria: pengetahuan, keterampilan dan sikap. Lembar kerja peserta didik yang dibuat menarik sebagai petunjuk kegiatan belajar baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan untuk memberikan deskripsi efektivitas pembelajaran dengan matapelajaran IPAS di kelas 4 SD Muhammadiyah 7 Surabaya. Temuan penelitian menunjukkan peserta didik dapat mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan, menjelaskan fungsi tumbuhan dengan benar dan percaya diri, serta mampu mengaitkan bagian tubuh dengan kebutuhan tumbuhan untuk mempertahankan diri dan berkembang bika. Mampu menunjukkan sikap religious, tumbuh semangat nasionalisme, mampu bekerja sama dalam kelompok. Peserta didik juga berkesan dan senang dengan kegiatan pembelajaran tersebut. Hendaknya guru tidak enggan untuk menyusun perangkat pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif.
Copyrights © 2023