Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca puisi siswa masih rendah dan masih banyak yang belum mencapai KKM yang ditentukan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca puisi siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri 45 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 45 Kendari yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan keterampilan membaca puisi pada siklus I dengan persentase ketuntasan mencapai 46,67%, dengan nilai rata-rata 66. Pada siklus II persentase kentuntasan siswa mencapai 86,67%, dengan nilai rata-rata 77,2. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas IV pada tema 6 Cita-Citaku subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita, di SD Negeri 45 Kendari.
Copyrights © 2023