Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KARAKTERISTIK RUANG DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)

Deswita, Wa Ode Awalia (Unknown)
Muhamad Abas (Unknown)
Suardika, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan proyek penelitian tindakan kelas yang melibatkan 20 siswa SDN 1 Lasiwa dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022–2023.Survei dilakukan dalam dua putaran,dengan dua pertemuan disetiap siklus.Guru dan seluruh siswa kelas IV SDN 1 Lasiwa menjadi subjek penelitian.Hasil belajar siswa,aktivitas mengajar guru,dan aktivitas belajar siswa menjadi pertimbangan.Langkah-langkahdalam metode penelitian ini adalah:(1)perencanaan;(2)eksekusi;(3)observasi dan penilaian;(4)refleksi.Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif hasil belajar siswa dan data kualitatif dari lembar observasi.Hasilnya ada 7 siswa atau 35% dari total populasi siswa mencapai ketuntasan belajar pada siklus pertama,sedangkan 13 siswa atau 65% dari populasi siswa gagal.rerata hasil belajar siklus I adalah 54,67.Pada siklus II,18 siswa dengan persentase 90% memiliki hasil belajar dari penilaian individu yang mencapai KKM.Sementara itu,2siswa masih kurang mencapai KKM dengan persentase 10%.Pada siklus I rerata hasil belajar siswa adalah 85,49. Penerapan Pendekatan CTL pada materi Karakteristik Ruang Dengan Sumber Daya Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI di SDN 1 Lasiwa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...