Penelitian ini merupakan proyek penelitian tindakan kelas yang melibatkan 20 siswa SDN 1 Lasiwa dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022–2023.Survei dilakukan dalam dua putaran,dengan dua pertemuan disetiap siklus.Guru dan seluruh siswa kelas IV SDN 1 Lasiwa menjadi subjek penelitian.Hasil belajar siswa,aktivitas mengajar guru,dan aktivitas belajar siswa menjadi pertimbangan.Langkah-langkahdalam metode penelitian ini adalah:(1)perencanaan;(2)eksekusi;(3)observasi dan penilaian;(4)refleksi.Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif hasil belajar siswa dan data kualitatif dari lembar observasi.Hasilnya ada 7 siswa atau 35% dari total populasi siswa mencapai ketuntasan belajar pada siklus pertama,sedangkan 13 siswa atau 65% dari populasi siswa gagal.rerata hasil belajar siklus I adalah 54,67.Pada siklus II,18 siswa dengan persentase 90% memiliki hasil belajar dari penilaian individu yang mencapai KKM.Sementara itu,2siswa masih kurang mencapai KKM dengan persentase 10%.Pada siklus I rerata hasil belajar siswa adalah 85,49. Penerapan Pendekatan CTL pada materi Karakteristik Ruang Dengan Sumber Daya Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI di SDN 1 Lasiwa.
Copyrights © 2023