Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana cara kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN I Mandati II yang mempelajari kalor dan transfernya dalam IPA meningkat. Penelitian tindakan kelas atau dikenal juga dengan PTK terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Fokus penelitian 16 siswa kelas V SDN I Mandati II beserta guru-gurunya. Hasil penelitian menunjukkan, (1) pendidik menampilkan latihan siklus I terlaksana 73%, siklus II terlaksana 100%, (2) latihan pembelajaran siswa siklus I terlaksana 73,33%, siklus II terlaksana 100%. (3) Konsekuensi tes kemampuan penalaran menentukan siswa secara tradisional pada siklus I bertambah menjadi 66,64% pada klasifikasi sedang dan meningkat menjadi 83,74% pada klasifikasi tinggi pada siklus II. Hasilnya, penggunaan model PBL membantu pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran IPA kelas V SDN I Mandati II.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023