Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa kelas IV SDN 1 Simbalai dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian Tindakan Kelas adalah jenis penelitian yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Siswa kelas IV SDN 1 Simbalai terdiri dari sepuluh siswa laki-laki dan sepuluh siswa perempuan menjadi subjek penelitian. Analisis data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I 10 orang siswa tuntas atau 50%, dan 10 orang siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II tingkat puncak belajar siswa adalah 18 orang tuntas atau 90% sedangkan 2 orang atau 10% tidak tuntas dengan rata-rata nilai siswa 87,25. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan model Contextual Teaching and Learning dapat lebih meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN 1 Simbalai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023