penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui adanya variasi hasil belajar matematika antara penggunaan paradigma problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 57 Kendari dengan subjek penelitian adalah 21 murid yang ada di kelas IV; 8 laki-laki serta 13 perempuan. Penelitian dengan jenis eksperimen dengan desain One Group Prettest-Posttest Design ini memeroleh data dari 1) Sebelum menerapkan model problem based learning, hasil tes deskriptif siswa rata-rata 53,96 setelahnya didapatkan hasil rerata 86,00. Angka rerata didapatkan siswa pada kedua test mengidentifikasi bagaimana paradigma problem based learning mampu memberikan peningkatan pada hasil dari belajar mereka. 2) hasil uji statistik Paired Sample T-tes diatas diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) ialah 0,000 atau Sig.(2-tailed) < 0,05 jadi menghasilkan hipotesis yaitu H0 ditolak serta H1 diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa ada dampak yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning pada hasil dari belajar mereka dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 57 Kendari.
Copyrights © 2023