Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI ANDADOWI

Maharani (Unknown)
Hamid, Rimba (Unknown)
Amiruddin B. (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menerapkan model disvovery learning dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri Andadowi, Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe. Menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 sesi pembelajaran, subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Andadowi dengan total siswa 19 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan (c) observasi dan evaluasi (d) refleksi, jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) siklus I indikator kemampuan berpikir kreatif keaslian mencapai persentase 4,31%, Kelenturan mencapai 16,63%, kelancaran mencapai 11,05%, dan indikator penguraian mencapai persentase 6,10% (b) siklus II indikator kemampuan berpikir kreatif keaslian mencapai persentase 27,47%, kelenturan 18,10%, kelancaran mencapai 12,68% dan indikator penguraian mencapai persentase 12%. Dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model discovery learning pada materi ekosistem di SD Negeri Andadowi, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...