Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SDN 13 LAKUDO

Satria Damayanti (Unknown)
Sumarna, Nana (Unknown)
Muhammad Yasin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 13 Lakudo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian berbentuk One Group Pretest-Posttest. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil pretest-posttest yang disusun berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung yaitu 11.959 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df (degree of freedom) atau derajat kebebasan = 17, t tabel = 2.110. Sehingga t hitung > t tabel atau (11.485>2.101) dan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. dapat disimpulkan bahwa dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri 13 Lakudo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...