Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 13 Lakudo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian berbentuk One Group Pretest-Posttest. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil pretest-posttest yang disusun berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung yaitu 11.959 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df (degree of freedom) atau derajat kebebasan = 17, t tabel = 2.110. Sehingga t hitung > t tabel atau (11.485>2.101) dan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. dapat disimpulkan bahwa dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri 13 Lakudo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022