Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 RUKUWA

Rahmi Maimun Zilla (Unknown)
Hasan, Sakka (Unknown)
Rusmin, Lisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Prosedur penelitian yaitu : (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat persentase ketuntasan 38,09% atau 8 orang siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 59,04 dan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 90,47% atau 19 orang siswa dengan nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 80,47. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku di SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi, setelah melihat hasil penelitia diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...