Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis evaluasi autentik guru kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 63 Kendari pada tema 7 indahnya keragaman negeriku. Penelitian ini memperoleh data dengan cara observasi menggunakan lembar observasi, wawancara menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi dari dokumen guru. Data yang diperoleh dibandingkan dengan standar evaluasi dengan menerapkan model evaluasi stake. Hasil evaluasi kemudian dianalisis melalui 3 tahapan analisis yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pelaksanaan evaluasi autentik Tema 7 indahnya keragaman di negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 63 Kendari memperoleh persentase sebesar 70,27% dengan kategori baik. Jika diuraikan pada tahap awal (perencanaan) memperoleh hasil persentase 65,83%, tahap proses (pelaksanaan) memperoleh hasil persentase 65,8%, dan tahap akhir (manajemen hasil) memperoleh hasil 79,17%. Masih terdapat beberapa standar evaluasi yang harus diperbaiki agar proses evaluasi autentik dapat berjalan sesuai dengan standar pendidikan.
Copyrights © 2022