Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DENGAN TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS 5 MI BONE KANCITALA

Satriani (Unknown)
Rusmin, Lisnawati (Unknown)
Hasan, Sakka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pkn dengan tema 7 peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas 5 MI Bone Kancitala Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Alur penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian pretest kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Bone Kancitala dan sampel penelitian ini adalah kelas V sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, yaitu berupa pemberian instrumen tes pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan berupa soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis deskritif pada Pretest diperoleh nilai rata-rata 48,9 dan pada Postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,0 sedangkan analisis inferensial sebelum dilakukan hasil analisis inferensial sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunkan uji-t satu sampel ( One Sample Test). Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh N- Gain hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan distribusi normal nilai Sig =0,626 >0,05, dengan a = 0,05 dapat disimpukan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar PKn dengan tema 7 peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V MI Bone Kancitala Kabupaten Muna.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...