Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS untuk tahun ajaran 2023/2024, di mana media yang digunakan guru masih terbatas pada buku paket saja. Ketiadaan media tambahan dalam pembelajaran IPS berdampak negatif pada motivasi dan partisipasi siswa, yang pada gilirannya menyebabkan rendahnya kreativitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan media puzzle gambar dalam pembelajaran IPS mengenai materi Pahlawanku di kelas IV SD Negeri 8 Kabawo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah 13 siswa kelas IV SD Negeri 8 Kabawo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, pertemuan 1, rata-rata kreativitas siswa mencapai 52,16%, sementara pada pertemuan 2 meningkat menjadi 83,42%. Evaluasi hasil siswa pada siklus 1 menunjukkan persentase ketuntasan 46,15% dengan nilai rata-rata 58,08, sedangkan pada siklus 2, persentase ketuntasan mencapai 84,62% dengan nilai rata-rata 77,69. Berdasarkan data tersebut, indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai, sehingga dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media puzzle gambar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 8 Kabawo.
Copyrights © 2024