Setiap anak tidak memiliki karakter dan sifat yang sama, begitu juga dalam hal kemampuan akademis yang sering disebut kecerdasan. Beberapa anak memiliki kecerdasan yang di bawah, rata-rata, bahkan di atas. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Setiap siswa memiliki kesulitan berbeda dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan yang sering terjadi pada siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat khususnya perkalian dan pembagian. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan metode Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa ulang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay kepada seluruh siswa untuk dibagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah yang dilakukan wawancara untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes. Data yang diperolah dianalisis secara Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara siswa dengan kategori tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal.
Copyrights © 2024