Permasalahan dalam penelitiannya ini adalah hasil belajarnya siswanya rendah dikarenakan siswanya tidak fokus perhatikan materinya yang dipaparkan gurunya, siswa kurang aktif, proses pembelajarannya hanya teori dan ceramah tanpa menerapkan model atau media pembelajaran, dan sumber belajar hanya mengandalkan buku. Tujuan penelitiannya ini agar mengetahui apakah penerapan model PBL dapat tingkatkan hasil belajarnya siswa kelas IV SDN Wakalara pada pembelajaran IPS. Subjeknya ialah guru serta peserta didik kelas IV SDN Wakalara tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 14 orang. Jenis penelitiannya PTK selama 2 siklus serta tiap siklusnya setiap siklusnya 2 kali pertemuan. Hasil penelitiannya siklus I persentasenya tuntas klasikalnya sekitar 64,28% serta siklus II persentasenya tuntas klasikalnya sekitar 85,71%. Demikian, siklus I perlunya peningkatan kemudian dilanjutkan siklus II sehingga siklus II terjadi peningkatan. Kesimpulannya, penerapan model PBL mampu tingkatkan hasil belajarnya siswa kelas V SDN Wakalara pada pelajaran IPS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024