Tabungan Tahari Syariah Mabrur merupakan produk keunggulan PT Bank Syariah Indonesia KCP Medan Adam Malik, produk ini digunakan membantu nasabah menyelesaikan proses ibadah haji dengan akad Mudharabah mutlaqoah. Penulis menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang menekankan aspek pemahaman mendalam suatu masalah. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, triangulasi/validasi data dan menarik kesimpulan, yang berasal dari data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan data sekunder diperoleh dari library research penelitian dan karya tulis ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan produk tabungan tahari syariah mabrur di PT Bank Syariah Indonesia KCP Medan Adam Malik dalam operasionalnya sesuai syariat Islam, hanya saja kurang sosialisasi/penjelasan kepada nasabah yang belum paham akad mudharabah mutlaqah dalam tabungan tahari syariah mabrur bahkan adanya nisbah. Perlu strategi pemasaran tepat dalam memberikan pelayanan yang baik dan bertanggungjawab dengan menggunakan target pasar yang dituju, yaitu segmentation khusus segi daerah/wilayah, segi usia, dan segi status nasabah. Selain itu menggunakan bauran pemasaran unsur 4P, yaitu strategi produk, harga, saluran distribusi, dan terakhir strategi promosi menggunakan promosi periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan publisitas. Dapat disimpulkan kekuatan memiliki poin lebih besar daripada kelemahan sehingga peluang produk tabungan tahari syariah mabrur lebih besar dari pada ancamannya.
Copyrights © 2023