Penelitian ini dilakukakan untuk mengetahui Strategi dalam perencanaan, pelaksanaan dan pembinaan pemasaran produk kerajinan Rotan di Desa Pajangan Kabupaten Lombok Tengah. Desa Pajangan memiliki potensi perkembangan rotan yang sangat besar, namun sejauh ini belum dioptimalkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu upaya untuk mencapai target penjualan dengan menerapkan strategi pemasaran dan penggunaan media pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran dapat dilakukan secara offline dan pemasaran secara online. Dibutuhkan pendampingan kepada masyarakat dalam mengenalkan dan menerapkan pemasaran secara offline dan pemasaran secara online. Pengabdian kepada masyarakat melakukan pendampingan pada masyarakat desa pajangan untuk mendorong perekonomian. Metode- Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Metode pendekatan (melakukan observasi langsung), diskusi (wawancara pada masyarakat), pengarahan (menyusun konsep strategi pemasaran offline dan online), dan pemberian pendampingan langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan memasarkan usaha anyaman rotan menjadi lebih baik dalam upaya mendorong perekonomian masyarakat desa pajangan Kecamatan Kopang Lombok Tengah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023