Rendahnya aktivitas matematika siswa di SMAN 9 Padang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah pembelajaran masih terpusat pada guru. Guru lebih banyak aktif, sedangkan siswa cenderung mendengar penjelasan dari guru. Siswa tidak dibiasakan untuk berdiskusi, sehingga masih banyak  ditemukan  siswa  yang  kurang  aktif,  baik  menyampaikan  ide,  bertanya  atau  memberikan tanggapan dalam proses pembelajaran. Strategi yang diperkirakan dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi Questions Students Have. Strategi ini  mengharuskan siswa menulis pertanyaan yang dimilikinya, menanggapi serta menjawab pertanyaan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas   siswa kelas X8   SMAN 9 Padang dalam   pembelajaran matematika selama diterapkan strategi Questions Students Have? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa kelas X8  SMAN 9 Padang dalam  pembelajaran matematika selama diterapkan strategi Questions Students Have. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan model rancangan The One- Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X8 SMAN 9 Padang, sedangkan sampel penelitian adalah  kelas  X8.  Instrumen yang  digunakan adalah Lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, persentase aktivitas siswa kelas X8 cenderung meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Questions Students Have dapat meningkatkan aktivitas    siswa kelas X8 SMAN 9 Padang dalam pembelajaran matematika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015