LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 1, No 2 (2015): LEMMA : Letters of Mathematics Education

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang dengan Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Tugas yang Menantang (Challenging Task)

Fauziyah, Fauziyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2016

Abstract

Hasil belajar matematika siswa di kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang belum memuaskan. Dari data yang ada, siswa masih mengalami kesulitan dalam pengoperasian tanda Plus (+), Min (-) pada aljabar dan memfaktorkan sebuah fungsi. Hal ini disebabkan pendekatan yang digunakan selama ini belum optimal. Untuk itu dilakukan usaha peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis tugas yang menantang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang dengan jumlah siswa 38.Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa pada akhir penelitian untuk kemampuan pemahaman konsep persentase ketuntasan berdasarkan KKM, yaitu 52,6% pada siklus I, dan 76,3% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan pendekatan kontekstual berbasis tugas yang menantang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...