Hasil belajar matematika siswa di kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang belum memuaskan. Dari data yang ada, siswa masih mengalami kesulitan dalam pengoperasian tanda Plus (+), Min (-) pada aljabar dan memfaktorkan sebuah fungsi. Hal ini disebabkan pendekatan yang digunakan selama ini belum optimal. Untuk itu dilakukan usaha peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis tugas yang menantang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang dengan jumlah siswa 38.Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa pada akhir penelitian untuk kemampuan pemahaman konsep persentase ketuntasan berdasarkan KKM, yaitu 52,6% pada siklus I, dan 76,3% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan pendekatan kontekstual berbasis tugas yang menantang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang
Copyrights © 2015