Latar Belakang: Pelayanan Kesehatan adalah kegiatan pelayanan yang diberikan secara langsung kepada perseorangan atau masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat dalam bentuk promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan paliatif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan Mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien yang berkunjung ke UPTD Puskesmas Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang tahun 2024. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung pada UPTD Puskesmas Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang tahun 2023 sebanyak 16.395 pasien. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien yang berkunjung pada UPTD Puskesmas Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang tahun 2024 sebanyak 100 pasien Tekhnik Pengambilan Sampel kuantitatif dalam penelitian metode survey dengan Purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis Univariat, Bivariat dan Multivariat. Hasil: Ada hubungan bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dengan kepuasan pasien dan variabel bukti jaminan merupakan variabel yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Saran: Agar pihak manajemen puskesmas dapat menyusun rencana program dalam upaya peningkatan kepuasan pasien seperti perbaikan sarana dan prasarana puskesmas, memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dengan skill yang sesuai dengan standar SDM kesehatan. Kata Kunci : Bukti Langsung, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Pasien
Copyrights © 2024