Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMP Negeri 6 Lubuk Basung. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuk Basung. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengalami sendiri peristiwa belajar. Dari hasil penelitian terlihat bentuk pembelajaran pemecahan masalah yang kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan dengan rata-rata 85,7. Dan keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat ditingkatkan. Selain itu, siswa telah terlatih untuk mencari tahu, mengujicobakannya di dalam kelompok belajar dan kemudian mengkomunikasikannya kepada teman yang lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuk Basung
Copyrights © 2015