Kande : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 1 (2024): Kande : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENERAPAN REFLEKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

Rahmatillah, Rahmatillah (Unknown)
Ibrahim, Ridwan (Unknown)
Subhayni, Subhayni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ketersediaan dokumen refleksi pembelajaran di SMP Negeri 3 Banda Aceh; (2) pelaksanaan refleksi pembelajaran oleh guru di SMP Negeri 3 Banda Aceh; (3) Kualitas penerapan refleksi pembelajaran oleh guru di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya adalah guru bahasa Indonesia, yang terdiri dari tiga orang dan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Berdasarkan rumusan penelitian dan tujuan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan refleksi di SMP Negeri 3 Banda Aceh belum terlaksanan dengan baik. Hal ini juga mengindikasikan bahwa masih sedikit guru yang melakukan penelitian terkait “refleksi”. Sebenarnya sangat disayangkan, namun masih sangat memungkinkan di kegiatan selanjutnya guru akan melaksanakan refleksi dengan baik di kelas VII. Maka dari itu, guru diharapkan dapat menerapkan refleksi pembelajaran sesuai dengan modul ajar, sehingga guru dapat mengetahui manfat dari refleksi pembelajaran tersebut. Terakhir, perlunya dukungan untuk mengembangkan kualitas guru dalam pembelajaran, agar memperoleh kebermanfaatan dalam proses belajar mengajar.Kata kunci : refleksi, pembelajaranABSTRACTThe aims of this research are (1) to describe the availability of learning reflection documents at SMP Negeri 3 Banda Aceh; (2) Implementation of learning reflection carried out by teachers at SMP Negeri 3 Banda Aceh.(3) The quality of the implementation of learning reflection by teachers at SMP Negeri 3 Banda Aceh. This research uses a qualitative approach and descriptive research type.The data sources are three Indonesian language teachers and 32 class VII students at SMP Negeri 3 Banda Aceh.Data will be collected through document research, observation and interviews.Based on the research formulation and research objectives, it can be concluded that the implementation of reflection has not been implemented well at SMP Negeri 3 Banda Aceh. This shows that there are still few teachers who carry out research on reflection.Actually, it is very disappointing, but it is very likely that this will be reflected by the teacher. Therefore, it is hoped that teachers can carry out learning reflection according to the teaching module so that they can understand the benefits of learning reflection. Finally, teachers need support to further improve the quality of their learning so they can gain benefits in the teaching and learning process.Keywords: reflection, learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kande

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh. Jurnal ini menerbitkan artikel berbasis penelitian di bidang pendidikan, bahasa dan sastra. Frekuensi terbit jurnal ini dua kali dalam ...