Kinerja perawat yang baik merupakan harapan seluruh pasien. Kinerja perawat diukur dalam pelayanan yang diberikan kepada pasien sehingga pasien merasa puas atau tidak puas. Kepuasan pasien ialah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Bethesda Serukam. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional, sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 56 responden, pengambil sampel accidental sampling analisis data menggunakan metode Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien dengan nilai P-Value 0,000. Hasil analisis univariat variabel kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan hampir seluruh responden menilai baik dengan jumlah 46 orang (82.1%) dan variabel kepuasan pasien hampir seluruh responden menyatakan puas dengan jumlah 51 orang (91.1%). Kesimpulan terdapat hubungan kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat umum bawah Rumah Sakit Umum Bethesda Serukam dengan tingkat kekuatan hubungan sedang (0,553).
Copyrights © 2023