Perubahan metode pembelajaran dari tatap muka langgung (off line) menjadi pembelajaran on line pada masa pandemi membuat pembelajaran tidak dapat berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas metode pembelajaran on line supaya kualitas layanan tetap terjaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa selama pembelajaran on line pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian dari 17 atribut yang diukur, diperoleh rata- rata nilai tingkat harapan dari seluruh atribut adalah 4,537, dan rata-rata nilai tingkat persepsi dari atribut adalah 4,411. Berdasarkan hasil matriks IPA, prioritas perbaikan yang harus dilakukan adalah kemudahan akses dan koneksi platform pembelajaran online, dosen handal dalam penggunaan platform pembelajaran online, dosen merespon dengan cepat dan efisisen tentang kebutuhan mahasiswa selama belajar online, dosen mampu beradaptasi dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran online, dosen memahami kesulitan mahasiswa dalam proses pembelajaran online.
Copyrights © 2023