POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Agustus 2024

PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KOTA METRO

Lestari, Sevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, kinerja seorang guru perlu diptimalkan untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang juga optimal. Terdapat berbagai macam faktor yang mempengaruhi tingkat kinerja guru dan salah satunya adalah motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di kota Metro, Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen. Adapun popolasi dalam penelitian ini adalah guru MIN di kota Metro Yang dalam hal ini berjumlah 124 orang. Selanjutnya, sampel penelitian adalah 38 orang yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik Slovin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi berprestasi dan angket kiner guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Setelah dilakukan analisis uji regresi, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan kinerja guru sebesar 54,4% dan diperoleh persamaan regresi = 69,903 + 1,131 X. Persamaan ini menunjukkan bahwa secara kuantitatif motivasi berprestasi memberikan kontribusi terhadap kinerja guru sebesar 1,338 pada arah positif dengan konstanta 69,903. Secara umum dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi guru secara signifikan berpengaruh positif dalam meningkatkan kinerja guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...