Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 20, No 02 (2023): Komunikologi

FENOMENA TREND “RACUN TIKTOK” PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA KOTA BANDUNG

Febrianti, Anti Restiani (Unknown)
Rambe, Ira Hasianna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Fenomena Trend “Racun Tiktok” Pada Mahasiswa Universitas Bhakti Kencana Kota Bandung yang dikaji berdasarkan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Objek dari penelitian ini adalah Trend “Racun Tiktok” Pada Mahasiswa Universitas Bhakti Kencana Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi langsung ke lokasi penelitian, wawancara dengan informan, dan dokumentasi. Subyek atau informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Universitas Bhakti Kencana Bandung berusia 18-24 Tahun, pengguna aplikasi TikTok dan mempunyai aplikasi TikTok, penggunaan TikTok minimal 1,5 jam per hari, serta terpapar trend “Racun TikTok”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan akan tertarik pada suatu konten jika konten tersebut dikemas secara menarik, mulai dari isinya sampai dengan perpaduan musik pelengkapnya. Setelah informan tertarik,  mereka akan mencari tahu lebih lanjut produk tersebut dengan melihat kolom komentar agar mereka lebih percaya untuk melakukan suatu tindakan pembelian. Setelah melihat kolom komentar, informan akan melakukan pembelian jika kolom komentar menunjukkan review yang positif terhadap produk yang sedang di review. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa trend “Racun TikTok” pada Mahasiswa Universitas Bhakti Kencana Bandung masih bisa dikendalikan karena mahasiswa belum mencapai tingkat konsumen yang konsumtif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KM

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Komunikologi adalah jurnal ilmiah yang memuat tulisan penelitian dan non penelitian dalam bidang Ilmu Komunikasi. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal ini tidak dikenakan biaya dalam penerbitannya (free charge). Komunikologi menggunakan pengajuan ...